Senin, 19 Desember 2011

EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION)

Sistem EFI adalah sistem pelayanan bahan bakar  pada mesin bensin yang menentukan bahan bakar yang optimal (tepat) disesuaikan dengan jumlah dan temperatur udara yang masuk, kecepatan mesin, temperatur air pendingin, posisi throttle valve dan udara bekas yang dihasilkan di dalam exhaust manipold.  Komputer EFI akan mengatur jumlah bahan bakar untuk dikirim ke mesin pada saat penginjeksian dengan perbandingan udara dan bahan bakar berdasarkan karakteristik dan kondisi mesin pada setiap saat.
Prinsip Kerja EFI
Sistem pengontrolan penginjeksian bahan bakar dewasa ini berkembang dengan pesat , terutama pada mesin bensin. Namun harus kita ingat bahwa tidak hanya kendaraan dengan bahan bakar bensin yang menggunakan sistem control injeksi. Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang diisap dan untuk mengontrol penginjeksian bahan bakar yang sesuai. 
Sistem EFI dirancang untuk mengukur jumlah udara yang diisap dan mengontrol penginjeksian bahan bakar yang sesuai. Besar udara yang diisap diukur langsung berdasarkan tekanan di intake manipold atau jumlah udara di airflow meter.
 Tife paca sistem EFI ada 2 :
1. Tipe D-EFI
Mengukur udara yang masuk berdasarkan tekanan dalam intake manipold.
 
2. Tipe L-EFI
Dalam sistem L-EFI, airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manipold sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Dewasa ini, pada kendaraan EFI tipe L-EFI lebih banyak digunakan.
Sistem EFI secara umum dapat dibagi menjadi tiga sistem fungsi, yaitu :
1.       1.. sistem control udara masuk ( Air Induction System )
2.       2.sistem distribusi bensin ( Fuel Delivery System )
3.       3.sistem control elektronik ( Electronic Control System )

Sistem Induksi Udara (Air Induction System) EFI
Udara bersih dari saringan udara masuk ke airflow meter dengan membuka measuring plate, besar pembukaan ini bergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk ke intake chamber yang dipengaruhi oleh lebar  throttle terbuka. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar